Hukum Makan Ikan Pari Dalam Islam

Hukum Makan Ikan Pari Dalam Islam. Dan terdapat dalil yang shahih bahwa nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang makan daging binatang buas yang bertaring dan semua burung yang memiliki cakar untuk menangkap mangsanya. Selama hewan itu halal bangkainya, baik dimakan sesudah mati atau dimakan masih hidup, statusnya halal.

Bolehkah Makan Ikan Pari, Amankah? Apa Bahayanya? | Bolehkah.com
Bolehkah Makan Ikan Pari, Amankah? Apa Bahayanya? | Bolehkah.com from bolehkah.com

Ulama mazhab hanafi mengharamkan kepiting karena berpendapat bahwa binatang laut yang halal untuk dikonsumsi hanyalah ikan. Sebagaimana diketahui, memakan daging ikan atau apapun yang berasal dari laut dihukumi halal. Sebaiknya ikan dimakan dalam keadaan sudah mati, baik dengan mati sendiri, dipotong kepalanya terlebih dahulu, dan lainnya.

Seri Mufti, Maaf Saya Ingin Bertanya, Dahulu Ketika Kecil, Keluarga Saya Di Kampung Berjiran Bersama Keluarga Berbangsa Cina Yang Beragama Budha.

Artinya, mereka membedakan antara hukum memasak dan hukum memakannya. Menggunakan tirai kain untuk jenazah perempuan. Dalam hukum islam memakan petai dan jengkol memang tidak dijelaskan.

Selama Hewan Itu Halal Bangkainya, Baik Dimakan Sesudah Mati Atau Dimakan Masih Hidup, Statusnya Halal.

Larangan makan dan minum sambil berdiri berdasarkan beberapa keterangan di bawah ini: Berkaitan dengan hukum mengonsumsi ikan yang ikut tertelan kotorannya, ulama berbeda pendapat. Hukum makan dan minum sambil berdiri:

Bahkan Mazhab Maliki (Gurunya Imam Syafii) Membolehkan Makan Katak, Dan Makruh Makan Daging Anjing.

Ini karena tidak ada nash atau dalil shahih yang mengharamkannya. “nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagaimana diketahui, memakan daging ikan atau apapun yang berasal dari laut dihukumi halal.

Dalam Menetapkan Hukum Halal Dan Haramnya Kepiting Untuk Dikonsumsi, Mui Mengacu Pada Tiga Patokan.

Tentu saja sebagai umat muslim kita hanya diperbolehkan mengamalkan yang baik. Namun hukum memakannya dapat disamakan dengan hadist yang menerangkan memakan bawang putih dan merah yang keduanya memiliki aroma yang tajam. Ulama mazhab hanafi mengharamkan kepiting karena berpendapat bahwa binatang laut yang halal untuk dikonsumsi hanyalah ikan.

Kemudian Baca Doa, Bismillahi Wa'ala Millati Rasuulillahi.

Kemudian yang ketiga, tidak ada dalil yang menegaskan makanan itu. Ada sebagian makanan atau minuman yang dilarang dalam agama, ada juga yang hanya makruh hukumnya dan ada juga yang halalan. Sebaiknya ikan dimakan dalam keadaan sudah mati, baik dengan mati sendiri, dipotong kepalanya terlebih dahulu, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.