Tips Mudah Memotong Kuku Musang

Informasi.my.id – Bagi Anda yang memiliki musang sebagai hewan peliharaan, pastinya sudah merasakan gigitan dan cakaran dari musang? Rasanya pasti sakit, terlebih jika musang masih liar dan galak. Bagi pemilik musang, memiliki luka gores atau baret hukumnya adalah wajib. Untuk menjinakkan musang, kita harus selalu dekat dan melakukan interaksi dengan musang tersebut. Nah, bagi Anda yang musangnya sudah jinak dan tidak galak lagi, pasti ingin rasanya memotong kuku musang Anda yang super tajam itu. Semua pemilik pasti ingin ketika menggendong musang atau membawanya jalan-jalan, kuku musang tidak membuat kulit menjadi lecet atau baret. Kebanyakan ketika musang digendong atau diletakkan pada pundak, musang akan mencengkram sekuat tenaga. Hal itulah yang kadang membuat bagian pundak menjadi luka. Bisa juga sewaktu musang akan memanjat tubuh kita, kuku mereka yang tajam pasti akan membuat lecet. Nah jika Anda ingin memotong kuku musang, ada teknik tersendiri dalam memotong kuku tersebut dan tidak sembarangan dalam melakukannya . Bagaimana caranya? Berikut ini tips mudah memotong kuku musang yang dapat Anda praktekkan di rumah :

Tips Mudah Memotong Kuku Musang1

Alat yang dibutuhkan dalam proses pemotongan :

  • Gunting kuku biasa atau gunting kuku bayi.

  • Glove atau sarung tangan dari bahan yang tebal atau kulit.

  • Seorang teman atau keluarga.

Proses Pemotongan Kuku Musang :

  1. Mintalah bantuan seorang teman atau kerabat untuk melakukan proses pemotongan kuku musang Anda. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan tebal yang telah Anda siapakan.

  1. Keluarkan musang tersebut dari kandang, kemudian pegang pangkal ekor musang dengan menggunakan tangan kiri dan pegangi leher musang dengan tangan kanan. Musang pasti akan melawan dan berontak, karena merasa terancam dengan perlakuan yang kita berikan. Kesempatan seperti ini musang akan berusaha untuk melarikan diri, jadi usahakan untuk mengeratkan pada setiap pegangan tadi. Namun sebisa mungkin jangan sampai membuatnya sakit, karena hal tersebut dapat membuat musang menjadi trauma. Diamkan untuk beberapa saat, hingga musang menjadi lebih tenang.

  1. Jika musang sudah lebih tenang dalam pegangan, balikkan tubuh musang agar perut menghadap keatas. Mintalah sahabat Anda untuk memeotong kuku musang satu persatu. Waktu memotong kuku musang, sebaiknya jangan terlalu dalam sampai melukai bagian daging dalam kuku. Cukup memotong bagian kuku yang tajam saja, beberapa mili dibagian paling atas kuku musang.

  1. Jika semua kuku sudah terpotong dengan rapi, kembalikan musang pada posisi semula. Lepaskan musang secara perlahan dalam kandang, diamkan musang beberapa menit dalam kandang. Hal ini berguna untuk musang bisa menenangkan diri kembali, setelah itu berikan air minum pada musang.

Tips :

Untuk musang yang sudah bisa dipotong kukunya sebaiknya yang cukup umur, yaitu sudah lebih dari 4 bulan. Jangan coba-coba untuk memotong kuku musang yang masih liar dan galak, karena Anda merasakan keganasan dari musang liar. Artikel ini direkomendasikan untuk musang yang sudah jinak dan sudah Anda rawat cukup lama. Sekian artikel ini yang berjudul tips mudah memotong kuku musang, semoga dapat bermanfaat bagi seluruh pecinta musang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *