Tips Mengobati Musang yang Mencret

Informasi.my.id – Musang merupakan salah satu hewan liar yang kini menjadi idola para hobiis untuk memeliharanya. Namun untuk memelihara musang bukan perkara yang mudah, terlebih lagi jika musang masih liar dan galak. Sebaiknya pelajari tentang musang terlebih dahulu, bisa melalui internet atau teman yang juga memelihara musang. Mengapa demikian? Karena untuk memelihara musang dan menjinakkannya adalah persoalan yang mudah-mudah sulit.

Musang merupakan hewan yang sangat rentan dengan penyakit, terlebih jika perawatan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan musang. Terutama bagi musang yang masih anakan atau bayi, karena mereka masih lemah dan rentan untuk terserang penyakit. Bayi musang atau anakan sangat rentan terserang mencret. Penyebab utamanya adalah sistem pencernaan musang masih sangat rentan dan rapuh terhadap bakteri. Nah berikut 4 faktor penyebab musang menjadi mencret lainnya:

Tips Mengobati Musang yang Mencret1

  1. Kandang terlalu dingin dan lembab

Kondisi kandang dapat mempengaruhi kesehatan musang, jika kandang musang dingin dan lembab. Maka musang bisa saja terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah mencret. Kondisi ini dapat mengakibatkan sistem pencernaan musang terganggu.

  1. Kebersihan Makanan Musang

Faktor selanjutnya adalah kbersihan makanan musang tersebut, bakteri akan dengan mudah untuk masuk ke dalam sistem pencernaan lewat makanan yang sudah terkontaminasi atau makanan yang tidak higienis.

  1. Susu yang Kurang Cocok

Jangan sembarangan memberikan susu pada musang, karena musang bisa saja menjadi mencret. Sebaiknya berikan susu putih bebas kandungan lactosa, karena susu ini yang paling cocok untuk anakan atau bayi musang.

  1. Musang Masuk Masa Birahi

Untuk musang dewasa dan siap untuk kawin, biasanya akan kehilangan sedikit selera makannya. Pada fase seperti ini, musang akan lebih banyak minum daripada memakan sesuatu. Hal inilah yang menyebabkan musang akan terserang mencret dan penurunan berat badan.

Untuk Anda yang musangnya kini sedang sakit mencret, tak perlu khawatir dan panik. Semua masalah pasti ada solusinya, nah berikut ini cara mengobati musang yang mencret yang bisa Anda praktekkan langsung di rumah :

  • Perbaiki Pola Asupan Makanan

Berilah makanan yang bersih dan buah-buahan segar serta matang kepada musang. Jangan asal memberinya makanan, lihat juga minuman untuk musang. Untuk susu, pilihlah susu putih yang tidak mengandung laktosa.

  • Jaga Kebersihan Kandang

Untuk mencegah dan menghindari musang terkena mencret, sebaiknya rutin dalam menjaga kebersihan kandang musang. Untuk beberapa minggu sekali cuci bersih kandang, sikat setiap cela kandang dan jemur kandang agar bakteri hilang. Bersihkan juga kotoran dan sisa makanan yang ada di alas kandang.

  • Berikan Air Kelapa Secara Rutin

Jika musang sudah terserang mencret, bisa kita berikan air kelapa secara rutin pagi dan sore. Air kelapa berguna untuk membersihkan bakteri yang terdapat di dalam sistem pencernaan musang. Selain membersihkan, air kelapa juga bisa menjadi pengganti cairan yang sudah banyak hilang akibat mencret. Pada tahap penyembuhan, sebaiknya jangan memberikan obat-obatan manusia. Obat-obatan manusia memiliki efek samping yang berbahaya bagi musang.

  • Berikan Buah Salak

Tips mengobati musang yang mencret terakhir adalah memberikan musang buah salak. Mengapa demikian? Karena buah salak berguna untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan membunuh bakteri penyebab mencret. Selain manfaat tersebut, buah salak bisa membuat feses atau kotoran musang menjadi padat kembali. pemberian buah salak matang sebaiknya seminggu sekali, jika feses musang sudah terlihat padat kembali hentikan pemberian buah salak.

Demikianlah artikel mengenai Tips mengobati musang yang mencret, semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *