Segala Hal Tentang Toilet Training

Buang air merupakan aktifitas natural manusia untuk membuang sisa sisa yang masuk ke tubuh kita, tapi untuk balita atau bayi transisi dari popok ke toilet memang menjadi salah satu hal yang mudah tapi sulit untuk dilakukan oleh balita maka dari itu toilet training menjadi solusinya dengan bimbingan yang intens waktu dan kesabaran, pasti anda dan balita pasti bisa ko. Beberapa tips untuk membimbing balita anda memakai toilet training.

• Pastikan buah hati anda sudah siap.
Bila otot-otot balita sudah siap mengontrol kandung kemih pada usianya diatas satu tahun setengah umumnya balita bisa diajak toilet training juga kesiapan emosi, fisik dan psikologis nya di usia sekitar 2 atau 3 tahun. Tanda tandanya antara lain, balita dapat duduk tegak, dapat membuka dan memakai celana, bisa memahami interaksi sederhana dan sudah bisa mengatakan keinginannya.
• Terbiasa dengan kegiatan di kamar mandi
Sudah mulai kenal dengan kegiatan di kamar mandi biasakan pipis dan buang air besar di potty chair ataupun pispot biarkan ia memilih agar ia suka menggunakannya. Ajarkan dan perlihatkan ketika anda memflush atau membuang kotoran dari popok di kloset. Ajak balita saat anda menggunakan toilet supaya lebih paham dan tau perlunya toilet. Jelaskan fungsi mengenai alat kelamin, anda juga bisa membacakan cerita atau dongeng mengenai pispot atau toilet, pendekatan dengan cerita tentang pispot juga bisa memakaikanya celana dalam layaknya seperti anak yang sudah besar.
• Atur jadwal
Mengatur asupan makanan atau cairan kedalam tubuh si buah hati sangat diperlukan untuk interval ke toilet, amati jadwal siklus pipis dan buang air besarnya misalnya nih balita biasa pup pada jam 8 pagi dan pipis setiam sejam sekali. Siklus pipis dan bab ini memudahkanya menyalurkan dorongan keinginana untuk bab di tempat saat waktu yang tepat.
• Konsisten
Pastikan pula pengasuh balita mampu secara konisten melakukan pelatihan yang diterapkan agar tidak terjadi kebingungan. Informasi detil dan lengkap mengenai kebiasaan dan jadwal pipis atau bab balita . Dengan bimbingan konsisten akan membuat balita cepat paham dan semakin cepart dan terampil memakai toilet training
• Memakai cara yang menarik dan seru
Namanya juga balita pastilah selalu senang sama yang namanya keseruan, pakai kreatifitas anda untuk mengajak balita melakukan toilet training agar lebih seru dan menarik. Anda bisa membuat warna pada air di kloset dengan memakai pewarna yang pastinya tidak berbahaya. Anda juga bisa memasang papan target atau board dengan warna warni motif yang biasanya disukai anak balita juga memasang target untuk bisa ditempeli sticker tanda verhasil memakai kloset atau psipot. Atau bisa juga membawa boneka dan mainan paorit si buah hati agar balita bisa anteing dan tenang serta gembira dan bersemangat melakukan toilet training
• Beri hadiah atau pujian

Selebrasi dan rayakan bila berhasil melakukan pipis dan pup yang benar, hadiahi dengan pujian . Jadikan hal toilet training sesuatu yang terbaik dalam hidupnya . Jika terjadi kesalahan jangan dihukum juga ya sebgai pengasuh atau sebagai orang tua katakana saja anda tidak suka. Jika anda marah dan kecewa malah akan membuat balita anda menjadi ketakutan malah menjadi takut untuk mengatakan pipis atau pup. Toilet training bukan hanya masalah pup dan buang air kecil saja lebih dari itu juga bisa menambah ikatann antara anak dan orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *