Cara Mudah Menjinakkan Musang Liar dan Buas

Saat ini hobi merawat hewan buas semakin menjamur, hobi tersebut digandrungi mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Banyak jenis hewan liar dan buas yang dapat dipelihara dan dijadikan teman dikala mengusir penat di rumah. Salah satu hewan yang kini sedang diminati oleh pecinta binatang adalah musang atau luwak. Salah satu hewan nokturnal ini memang menggemaskan dan lucu, namun dibalik kelucuannya tersebut musang adalah hewan yang sangat liar dan buas. Musang yang masih liar akan sangat buas dan tak segan-segan untuk menggigit siapapun yang memegang atau menyentuh tubuh mereka. Mengapa demikian? Karena musang hewan yang sangat menjaga daerahnya atau juga bisa disebut teritorial, terlebih lagi jika musang tersebut baru diambil dari alam atau menemukannya pada suatu tempat. Pasti musang masih merasa asing jika dimasukkan ke dalam kandang, apalagi dengan manusia. Untuk menjinakkan musang liar tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Disini Anda dituntut memiliki keberanian, kesabaran, dan juga ketelatenan yang ekstra. Namun jika semua hal tersebut dapat Anda lewati dengan lancar, maka musang yang tadinya buas, dapat menjadi jinak dan lucu untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Berikut beberapa cara menjinakkan musang liar yang dapat Anda terapkan dengan mudah :

Cara Mudah Menjinakkan Musang Liar dan Buas1

  • Musang harus ditempatkan dalam kandang yang berukuran tidak terlalu besar, hal tersebut agar kita mudah dalam mengambil atau memindahkan musang.

  • Untuk sebuah awal pengenalan yang baik, cobalah masukkan tangan Anda ke dalam kandang kemudian belailah musang. Lihat reaksi musang tersebut, pasti tangan Anda akan digigit. Hal tersebut wajib dilakukan agar Anda nantinya tidak kaget dan trauma dengan gigitan musang.

  • Lakukan pertemuan dengan intensif, sebisa mungkin datang secara perlahan. Jangan datang secara tiba-tiba yang dapat membuat musang menjadi kaget dan stres.

  • Berilah nama atau suara khas, yang membuat ciri jika Anda datang. Keluarkan suara tersebut dikala Anda akan memberi makan atau minuman, agar musang menjadi hafal dan terbiasa.

  • Jika dirasa sudah ada setengah bulan, pindah kandang musang dekat dengan keramaian agar musang mulai terbiasa dengan suara keras dan keadaan sekitar. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan sifat liar musang yang mudah kaget.

  • Lihat dan terus pantau kemajuan dari musang, apakah masih terlihat stres dengan keadaan sekitar atau sebaliknya. Jika musang terlihat sudah mulai terbiasa dengan keadaan, coba sekali lagi untuk membelai musang. Biasanya musang akan mulai mau disentuh dan bisa menikmati belaian. Namun disarankan untuk tetap menggunakan sarung tangan, untuk berjaga-jaga.

  • Berilah susu putih untuk membuat musang menjadi tenang.

  • Sebaiknya Anda luangkan waktu untuk terus memberi belaian pada musang dalam kandang, waktu membelai musang bisa Anda selingi dengan memberinya makanan. Peganglah seluruh bagian tubuh musang mulai dari kepala, dada, perut, kaki, dan ekor agar musang dapat terbiasa untuk dipegang nantinya.

  • Nah, jika musang dirasa sudah mulai jinak dalam kandang dan sudah muali terbiasa dengan semuanya. Kini saatnya melakukan proses penjinakkan diluar kandang. Langkah awal dari proses ini adalah pegang ekor dari musang Anda, kemudian tarik paksa musang untuk keluar dari kandang. Namun perlu hati-hati, karena biasanya musang akan menjadi buas kembali saat diluar kandang, karena musang dengan sekuat tenaga akan berusaha untuk melarikan diri atau kabur.

  • Kunci dari langkah ini adalah tenang, karena tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat musang menjadi tenang kembali. Jika musang sudah kembali tenang, belailah musang sampai merasa nyaman. Lakukan hal tersebut setiap hari, agar musang terbiasa.

  • Jika musang sudah menjadi jinak, agar menjalin ikatan batin yang kuat. Berikanlah secara langsung buah-buahan segar dengan menggunakan tangan Anda, suapi musang tersebut dengan digendong.

  • Langkah terakhir adalah untuk rutin memandikan musang, sebaiknya 2 hari atau 1 minggu sekali. Hal ini dapat membuat musang menjadi semakin jinak pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *