Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Musang Peliharaan

Infromasi.my.id – Musang dapat terserang berbagai penyakit, salah satu jenis penyakit yang kerap kali menganggu kesehatan musang adalah Scabies. Penyakit scabies sendiri adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu yang bernama Notoedres Cati. Kutu ini akan lubang-lubang berukuran mikro pada kulit hewan yang menyebabkan rasa teramat gatal dan panas pada hewan tersebut. Akibatnya hewan akan terus menggaruk bagian kulit tersebut sampai akhirnya menimbulkan luka.

Ciri-ciri musang yang sudah terserang scabies :

Musang terlihat sering menggaruk bagian tubuhnya, terutama pada bagian kepala, leher, punggung, atau bagian perut. Jika scabies sudah parah, akan menyebabkan bulu musang menjadi rontok dan luka koreng akan berubah menjadi gudik.

Sebaiknya jika musang sudah terserang scabies, segera lakukan penanggulangan yang baik dan benar. Berikut ini cara mengobati scabies pada musang, yang dapat Anda lakukan di rumah :

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Musang Peliharaan1

Cara mengobati dan mencegah scabies

  1. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah rajin memandikan musang yang terkena scabies minimal 2 kali dalam seminggu, namun jika musang tidak terkena scabies cukup mandikan satu kali saja dalam seminggu. Untuk mengantisipasi scabies menjadi parah, selama memandikan musang air yang digunakan sudah dicampur dengan antiseptik hewan khusus scabies atau bisa juga menggunakan dettol.

  2. Selalu menjaga gerak gerik musang Anda, jangan biarkan melakukan kontak fisik dengan musang, hewan lain, atau benda yang dapat menularkan scabies karena tertempeli tungau. Jaga selalu kebersihan pada daerah sekitar kandang musang.

  3. Teknik menjemur musang setelah dimandikan, ternyata bisa mengobati scabies dan mencegah musang untuk terkena scabies. Jemur musang sampai bulunya menjadi kering, jika musang tidak terindikasi scabies, cukup angin-anginkan saja pada ruangan terbuka. bisa juga menjemurnya langsung, namun bagian atas kandang harus tertupi oleh kain. Hal tersebut dilakukan agar musang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  4. Pastikan jika kuku musang tidak terlalu panjang dan tajam, karena hal tersebut dapat membuat musang menjadi terluka pada saat musang menggaruk tubuhnya. Hal ini khusus bagi musang yang sudah terkena scabies, potongi kuku musang agar tidak membahayakan musang.

  5. Pengobatan scabies ini dilakukan kurang lebih selama 3 minggu lamanya, jika musang tidak memperlihatkan perkembangan yang signifikan atau scabies tidak kunjung sembuh. Maka ada baiknya jika Anda membawa musang tersebut ke Dokter hewan terdekat, agar musang mendapatkan penanganan khusus dan terbaik.

Untuk selalu dingat jangan sampai lupa, selalu jaga kebersihan musang dan juga kandang, selalu jemur musang untuk menghindari bulu dan kulit menjadi lembab, berikan makanan yang bergizi. Jika cara tersebut dapat Anda terapkan dengan baik, maka saya jamin musang tidak akan terserang scabies. Nah itulah beberapa cara mengobati scabies pada musang, semoga dapat berguna menjadi pedoman untuk mengobati musang Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *