Cara Memandikan Musang yang Benar

Informasi.my.id – Memandikan hewan peliharaan merupakan suatu kegiatan yang menghibur, karena dapat melihat tingkah lucu hewan tersebut. Mandi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit hewan peliharaan kita. Nah kali ini saya akan membahas tentang cara memandikan musang yang benar.

Pada habitat aslinya, musang merupakan hewan yang beraktivitas pada malam hari. Musang liar tidak suka jika tubuhnya basah terkena air apalagi dimandikan. Saat pertama kali memandikan musang, hal yang biasanya terjadi adalah musang akan stres dan mengamuk. Jangan panik dan takut, karena hal tersebut hanya sementara saja. Musang hanya kaget dan butuh pengenalan saja, ada fakta yang menyebutkan jika musang sering dimandikan dengan telaten dan sabar. Maka akan membuat sifat galak dan beringas pada musang akan secara perlahan menghilang. Jika perawatan dilakukan dengan benar maka musang akan semakin jinak dan patuh.

Memandikan musang secara rutin, dapat membuat musang terbiasa dan secara perlahan akan menyukai air atau mandi. Berikut ini cara memandikan musang yang benar yang dapat Anda praktekkan di rumah :

Cara Memandikan Musang yang Benar

Cara Memandikan Musang Liar atau Galak

Jika musang yang Anda miliki masih galak dan liar, sebaiknya saat Anda memandikan musang cukup dengan cara disemprot menggunakan selang atau alat semprot (sprayer). Cukup semprot dengan air, jangan dulu diberi shampo karena tidak memungkinkan sekali. Jangan terlalu dalam meyemprot, secukupnya saja sampai musang terlihat basah. Setelah itu, angin-anginkan sekaligus jemur dibawah sinar matahari dan jangan terlalu lama.

Baca Jugga 5 Sayuran ini Baik Untuk Makanan Musang

Cara Memandikan Musang Semi Jinak

Pertama kita harus menyiapkan semua barang yang diperlukan seperti shampo (shampo kucing atau shampo bayi), hair lotion bayi, dan sarung tangan tebal atau handuk yang tebal untuk antisipasi.

Ada beberapa musang yang dapat dengan mudah kita mandikan menggunakan tangan seperti bayi, karena musang sudah jinak dan tidak takut dengan air. Namun berbeda dengan musang semi jinak, mereka sudah jinak tetapi masih takut dengan air. Nah berikut ini cara memandikannya :

  1. Pertama sirami musang dengan menggunakan air secara merata, sebaiknya jika untuk pertama kali menggunakan air hangat namun hangat kuku. Usahakan untuk tidak terkena bagian kepalanya, karena dapat mengakibatkan infeksi telinga.

  2. Setelah tubuh musang basah menyeluruh, langkah selanjutnya memberikan shampo pada tubuhnya. Jika musang semi jinak, untuk menghindari gigitan atau cakaran. Anda dapat meletakkan shampo pada sarung tangan kemudian beri sedikit air agar berbusa dan aplikasikan pada tubuh musang.

  3. Bilas shampo pada tubuh musang, kemudian keringkan tubuhnya menggunakan handuk.

  4. Jemur musang dibawah sinar matahari, namun sebaiknya kandang terlebih dahulu diberi atap atau penghalang seperti kain tipis dan semacamnya, agar sinar matahari tidak terlalu menyengat bagi musang.

  5. Setelah kulit dan bulu sudah agak mengering, bisa diberikan hair lotion bayi yang berguna menjaga kelembutan bulu dan menjaga kulit musang. Jemur sekali lagi dibawah sinar matahari, namun sebentar saja.

TIPS :

Jika ingin membuat musang merasa nyaman dan suka dengan air, maka yang perlu Anda perhatikan adalah suhu air yang Anda gunakan. Untuk memandikan musang, sebaiknya menggunakan suhu air yang sedikit hangat (sedikit saja). setelah beberapa kali dimandikan, maka dapat dipastikan sifat musang dengan sendirinya akan berubah, musang akan mulai nyaman dengan kegiatan mandi. Jika musang tersebut sudah hafal dan terbiasa dengan air, maka berilah dia seember air hangat saya jamin musang akan merendamkan dirinya dan langsung bermain air.

Tidak direkomendasikan musang yang berumur 3,5 bulan kebawah untuk dimandikan, karena dapat menyebabkan kedingan dan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *