6 Cara Praktis Menghilangkan Bau Mulut Tanpa Menggunakan Sikat Gigi

Pada saat kamu menderita bau mulut yang membandel, maka apa yang akan kamu lakukan untuk menghilangkannya? Cara pertama yang akan dilakukan adalah pastinya dengan langsung menyikat gigi. Tetapi jika kamu sedang berada diluar rumah atau sedang berpergian dan tidak membawa sikat gigi, maka jangan biarkan aktivitasmu terganggu hanya karena adanya bau mulut. Kamu tidak perlu khawatir karena adanya cara menghilangkan bau mulut tanpa harus menggunakan sikat gigi, dan ini juga bisa dibilang sebagai cara yang praktis.

Berikut 6 cara praktis menghilangkan bau mulut tanpa menggunakan sikat gigi diantaranya yaitu :

  1. Dengan Makan Buah

Buah selain bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tetapi juga memiliki peranan penting untuk menghambat aktivitas bakteri penyebab bau mulut. Misalnya saja buah apel yang mengandung polifenol, dimana kandungan tersebut dapat membasmi bakteri dan juga dapat menghilangkan senyawa atau gas yang berbaui seperti belerang yang ada pada mulut. Buah buahan lain yang kaya akan Vitamin C yang dapat menghilangkan bau mulut seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur. Dimana buah buahan tersebut dipercaya dapat menghasilkan asam pada mulut yang dapat mencegah berkembang biaknya bakteri.

  1. Dengan Membersihkan Lidah

Pada saat kamu tidak membawa sikat gigi maka kamu masih bisa dengan melakukan cara membersihkan area mulut seperti lidah dengan menggunakan alat penggosok lidah. Dilidah ini ada banyak bakteri yang tersembunyi dan bisa menjadi sarang terjadinya bau mulut. Oleh karena itu gunakan alat pembersih lidah dengan cara menggosokannya mulai dari bagian pangkal lidah yang paling dalam lalu ditarik hingga ke bagian depannya. Setelah itu akhiri dengan berkumur beberapa kali, dan akhirnya lidah pun akan bersih kembali dan terasa segar.

  1. Dengan Mengkonsumsi Permen Karet Rasa Mint

Mengkonsumsi permen karet bisa menjadi salah satu solusi yang paling tepat untuk mengatasi bau mulut pada saat tidak membawa sajit gigi. Sebaiknya memilih permen karet rasa mint dan tidak mengkonsumsi permen karet yang rasanya manis. Pasalnya kandungan gula yang ada didalam permen karet yang berasa manis bisa dimakan oleh bakteri yang ada didalam mulut, sehingga akan menyebabkan terjadinya asam didalam mulut. Terjadinya asam pada mulut ini dapat merusak enamel gigi dan juga dapat menyebabkan tidak sedapnya aroma napas.

  1. Dengan Menggunakan Obat Kumur

Pada saat tidak adanya sikat gigi, menggunakan mouthwash bisa menjadi pertolongan pertama untuk membersihkan area mulut supaya bau mulut hilang. Penggunaan mouthwash ini selain ampuh dapat menyegarkan aroma napas yang tidak sedap karena adanya rasa mint yang terkandung didalamnya, tetapi juga dapat memberika perlindungan ektra untuk menyingkirkan bakteri. Pastikan kamu menggunakan obat kumur yang mengandung zat aktif untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Kandungan zat aktif tersebut dapat membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga aroma yang tidak sedap akan dapat berkurang.

  1. Dengan Mengkonsumsi Yoghut

Dengan mengkonsumsi yoghurt maka akan dapat memperlancar kerja sistem pencernaan. Tetapi tidak hanya itu saja karena yoghurt ini juga dapat mengatasi masalah bau mulut, sehingga yoghurt ini bisa dijadikan sebagai salah satu cemilan atau minuman terbaik yang bisa dipilih.

Selain itu juga masih ada cara yang lainnya yaitu dengan menghindari makanan yang menjadi sumber terjadinya bau mulut seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombai, petai, dan juga jengkol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *