4 Langkah Mengobati Musang Yang Terluka Dengan Benar

Informasi.my.id – Musang merupakan hewan yang terbilang agresif dan lincah, mau itu musang yang masih liar atau musang yang sudah jinak sekalipun. Mereka suka sekali untuk berlari-lari dan memanjat, hal tersebut bisa menimbulkan luka pada musang.

Dalam mengobati musang yang luka, kita tidak boleh sembarangan. Hal tersebut dapat berakibat fatal dan bisa jadi membuat musang menjadi mati. Berikut ini 4 langkah mengobati musang yang terluka dengan benar, agar musang bisa kembali sembuh dan sehat kembali :

4 Langkah Mengobati Musang yang Terluka dengan Benar1
Cara Musang Yang Terluka

Perawatan luka

Sebaiknya luka yang terdapat pada tubuh musang serin-sering kita bersihkan, terutama jika luka lecet dan mengeluarkan darah. Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan cairan antiseptik seperti dettol.

Aplikasikan pada bagian yang luka kemudian keringkan, selanjutnya kita oleskan kapas yang sudah diberi obat luka pada bagian tersebut . Perawatan ini cukup dilakukan sekali saja, saat luka masih baru (masih berdarah).

Baca Juga 4 Ciri Musang yang Sedang Sakit

Perhatikan Pakan yang Diberikan

Poin ini sangat penting dibandingkan poin pertama, karena dalam mengobati luka pada musang kita harus memperhatikan asupan musang.

Pemberian pakan musang yang tepat dapat mempercepat proses kesembuhan luka tersebut. Untuk makanan musang yang tepat dalam fase penyembuhan luka adalah buah-buahan.

Berikan musang yang terluka pepaya dan pisang matang untuk mempercepat kesembuhan. Hindari terlebih dahulu pemberian makanan protein tinggi seperti daging dan serangga.

Jaga Kebersihan Kandang

Langkah selanjutnya dalam mengobati musang yang terluka adalah menjaga kebersihan kandang.

Dalam proses penyembuhan jaga selalu kebersihan kandang musang, karena jika kandang kotor maka dapat memperparah luka tersebut akibat infeksi yang ditimbulkan oleh kandang yang kotor berisikan kuman dan bakteri.

Pemberian Obat untuk Musang

Langkah ini perlu dilakukan jika luka pada musang lebar dan parah, namun jika luka terbilang kecil langkah ini tak perlu digunakan.

Untuk luka kecil, cukup menggunakan langkah poin pertama sampai ketiga saja. Jika luka musang cukup lebar, ada tambahan dalam mengobatinya yakni dengan memberikan obat kepada musang.

Jenis obat yang dapat diberikan kepada musang yang terluka adalah  Amoxcillin dengan dosis 1mg/kg berat badan musang tersebut.

Nah jika musang memiliki berat 3 kg, maka Anda cukup memberikan Amoxcillin kepada musang sebanyak 3mg saja.

Disini Anda dituntut untuk teliti dalam meberikan obat kepada musang, terlebih dahulu Anda harus menakarnya.

Pemberian obat dapat dilakukan dengan cara menghancurkannya kemudian campur air dan meminumkannya atau bisa juga dengan memasukkannya ke dalam potongan buah yang akan dimakan oleh musang.

Selalu teliti perkembangan musang, jika luka bertambah parah dan terjadi infeksi. Segera bawa musang ke Dokter hewan atau pets shop terdekat agar dilakukan penanganan. Perbanyak asupan buah dan sayuran dalam masa penyembuhan, demikianlah artikel ini yang berjudul  4 langkah mengobati musang yang terluka dengan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *