4 Ciri Musang yang Sedang Sakit

Informasi.My.id – Musang merupakan hewan yang sangat rentan, terutama untuk terserang penyakit. Terlebih jika musang sudah dipelihara oleh manusia, mereka akan lebih rentan untuk terserang penyakit.

Biasanya musang yang terserang penyakit memiliki ciri dan tanda khusus. Jika kita sudah merawatnya dari kecil, maka kita akan mengerti dan paham dengan gerak-gerik musang kita.

Musang yang sehat akan lincah dan gesit, namun jika musang sakit maka akan menunjukkan sikap yang sebaliknya.

Bagi Anda pemula yang baru merawat musang dan belum tahu ciri-ciri musang yang sakit. Berikut ini 4 ciri musang yang sedang sakit, dan bisa diamati dengan mata telanjang :

4 Ciri Musang yang Sedang Sakit
4 Ciri Musang yang Sedang Sakit

4 Ciri Musang yang Sedang Sakit

1.Bentuk Feses cair, Berbau Busuk, Berdarah, atau Berwarna Terang

Ciri-ciri musang sakit yang pertama adalah bisa kita lihat melalui bentuk fesesnya.

Jika feses musang tidak padat cenderung cair atau lainnya, maka dapat kita ambil kesimpulan jika musang sedang menderita sakit. Lakukan segera tindakan yang berarti, jangan sampai berlarut terlalu lama.

Baca juga 3 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Musang

2.Musang Tidak Nafsu Makan

Ciri kedua adalah musang akan malas makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Jika musang sudah terlihat seperti ini, maka dapat disimpulkan jika musang sedang sakit.

Jika hal tersebut diiringi dengan poin pertama yang tadi sudah disebutkan, maka dapat dipastikan jika musang sakit.

3.Malas Untuk Bergerak

Musang yang sehat akan menunjukkan sikap yang lincah dan senang untuk bergerak. Jika musang sehat walaupun itu disiang hari dia akan tetap lincah bergerak.

Musang yang malas untuk bergerak dan lebih suka untuk berdiam diri walaupun itu di malam hari, dapat dipastikan jika musang tersebut sakit. Setelah mengetahui jika musang sakit, sebaiknya perkuat asumsi kita dengan melihat feses dari musang.

4.Bulu Musang Rontok atau Sering Menggaruk

Tanda musang sakit selanjutnya adalah bulu musang rontok atau musang sering sekali menggaruk badannya. Poin terakhir ini lebih cenderung kepada penyakit luar bukan penyakit dalam.

Jangan pernah merehkan penyakit luar, karena penyakit ini juga sama mengerikannya dengan penyakit dalam. Penyakit luar seperti scabies sering menyerang musang yang sistem imunnya rendah dan kurang menjaga kebersihan kandang serta kulit musang.

Penyakit ini sama berbahayanya dengan penyakit dalam, karena akan menggerogoti kesehatan musang. Jadi jangan pernah menganggap remeh semua penyakit yang menyerang musang.

 

Bagi yang sayang dan cinta dengan musang Anda, sebaiknya selalu jaga kesehatannya. Beri makanan yang bergizi dan higienis serta jaga selalu kebersihan kandangnya, jangan lupa untuk rutin memandikan musang. Jika melihat musang yang sehat dan lincah, hati kita juga akan bahagia dan puas.

Karena bisa membuat musang tersebut sehat tanpa kurang satu apapun, hal tersebut bisa menjadi sebuah citarasa tersendiri. Demikianlah artikel ini yang berjudul 4 ciri musang yang sedang sakit, semoga dapat bermanfaat dan menjadi bacaan yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *