3 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Musang

Informasi.My.id – Kini hobi merawat hewan liar semakin berkembang pesat, terutama musang.  Hewan yang satu ini dahulu dikenal sebagai perusak atau hama bagi sebagian masyarakat.

Namun kini popularitas musang meningkat akibat mulai banyak yang menyukainya sebagai hewan peliharaan. Namun dalam merawat musang seorang owner diwajibkan sudah mempunyai bekal terlebih dahulu.

Mengapa demikian? Karena musang merupakan hewan yang sensitif dan rentan, jadi kita harus mengerti akan kebutuhan dari musang tersebut. Jangan asal-asalan dalam merawatnya, terutama untuk soal makanan.

Banyak dari pemula yang salah dalam memberikan menu makanan pada musangnya. Hal ini dapat mengakibatkan musang menjadi sakit atau bahkan terburuknya bisa sampai mati.

3 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Musang
3 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Musang

Semuanya kembali lagi pada sang pemilik, mereka harus mempunyai ilmu atau bekal yang cukup sebelum memelihara musang. Kini untuk mempelajari musang lebih mudah karena dapat kita jumpai lewat internet atau komunitas pecinta musang yang terdapat dimasing-masing kota.

Bagi Anda yang bingung mengenai makanan apa saja yang tidak boleh diberikan pada musang? Nah berikut 3 makanan yang tidak boleh diberikan pada musang, berguna bagi Anda seorang pemula :

3 Makanan yang Tidak Boleh Diberikan Pada Musang

1. Mie Instant

Makanan tidak baik bagi musang yang pertama adalah mie instant, ada sejumlah kasus para pemilik memberikan mie instant pada musang mereka dan pada akhirnya musang menjadi sakit.

Mengapa demikian? Coba Anda pikir, mie instant untuk pencernaan manusia saja cenderung tidak baik. Apalagi jika diberikan pada musang, mie instant sulit dicerna dalam sistem pencernaan tubuh.

Pada organ pencernaan manusia saja, mie instant baru bisa tercerna dalam sistem pencernaan selama 3 hari lamanya.

2. Buah Salak

Buah yang satu ini terkenal dapat menyerap kadar air yang berlebih dalam organ pencernaan. Buah ini sangat baik diberikan dikala musang terserang mencret, karena bisa membantu mencret berhenti.

Berbeda ceritanya jika diberikan pada musang sehat, kemampuan buah ini akan membuat musang menjadi sembelit atau sampai musang menjadi ambeien.

Dari kasus tersebut dapat diambil kesimpulan jika ingin memberikan buah salak, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi musang.

3. Susu Kental Manis

Kadang para pemilik ingin menjadikan musang mereka sehat dan lincah, namun karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman yang didapat adalah musang menjadi sakit.

Salah satunya adalah pemberian susu kental manis pada musang, susu ini tidak baik bagi kesehatan musang karena memiliki kandungan laktosa tinggi yang dapat menyebabkan musang menjadi mencret.

Jika ingin memberikan susu bagi musang, sebaiknya baca label yang tertera dibelakang kemasan. Apakah mengandung laktosa ataukah tidak, pilihlah susu putih bubuk yang tidak mengandung laktosa.

Manfaat susu putih adalah mampu membuat musang menjadi lebih tenang dan membuat musang menjadi sehat.

Beri musang makanan yang sewajarnya saja, seperti buah-buahan dan sayuran segar lainnya. Namun untuk sesekali bisa kita berikan makanan protein tinggi seperti ceker atau kepala ayam.

Perbanyak membaca artikel yang membahas tentang musang dan jika sempat masuklah forum atau bergabung dengan komunitas pecinta musang yang ada ditempatmu.

Demikianlah artikel ini yang berjudul 3 makanan yang tidak boleh diberikan pada musang, semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *